Quote
0

Langkah-langkah Penentuan Tarif Biaya BOP

Langkah-langkah penentuan tarif biaya overhead pabrik

Langkah-langkah untuk menentukan anggaran Biaya Overhead Pabrik, dilakukan sebagai berikut:

 

  1. 1.                  Menentukan anggaran biaya overhead pabrik

Dalam menentukan anggaran biaya overhead pabrik untuk suatu periode tertentu, faktor tingkat produksi merupakan bahan pertimbangan yang sanggat penting. Sebab biaya overhead pabrik per unit produk dan jumlah biaya overhead pabrik variabel di pengaruhi olehperubahan tingkat produksi.

Berikut macam-macam tingkat produksi (kapasitas) yang dapat dijadikan dasar penentuan anggaran biaya overhead pabrik:

1)      Kapasitas teoritas atau kapasitas ideal

Kapasitas ini merupakan hasil maksimum yang dapat dicapai oleh suatu departemen atau pabrik, dengan tidak memperhitungkan terjadinya kerusakan mesin, absensi pekerjaan, kelambatan bahan baku, dan hambatan-hambatan lainnya yang tidak dapat dihindari.

2)      Kapasitas praktik atau kapasitas realistis

Kapasitas ini merupakan hasil yang dapat dicapai pada kapasitas teoritis, dan dikurangin dengan pengaruh adanya hambatan-hambatn lntern yang tidak dapat dihindari. Misalnya, kemacetan mesin, kelamtan bahan baku, waktu istirahat,dan hari libur.

3)      Kapasitas normal atau kapasitas jangka panjang

Kapasita ini merupakan kemampuan perusahaan untuk berproduksi dengan memperhitungkan adanya hambatan-hambatan intern yang tidak dapat dihindari, dan permintaan terhadap produk dalam jangka panjang

4)      Kapasitas sesungguhnya yang diharapkan atau kapasitas kapasitas jangka pendek

Kapasitas ini merupakan kemampuan perusahaan dalam berproduksi yang diperkirakan dapat dicapai dalam tahun yang akan datang. Kapasitas sesungguhnya yang diharapkan dapat dicapai, ditentukan atas dasar taksiran kemungkinan penjualan produk dalam tahun yang akan datang. Jika anggaran biaya overhead pabrik ditentukan atas dasar kapasitas sesungguhnya yang diharapkan, maka akan mengakibatkan tarif biaya overhead pabrik dalam suatu periode berbeda dengan tarif pada periode yang lain. Pada praktiknya, tidak mungkin perusahaan berproduksi pada kapasitas teoritis, sehingga untuk memilih kapasitas yang akan dijadikan dasar penentuan anggaran biaya overhead pabrik, harus diperhitungkan faktor-faktor hambatan intern perusahaan dan kemungkinan penjualan produk pada periode yang akan datang.

Factor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih dasar pembebanan yang dipakai:

  • harus memperhatikan jenis biaya overhead pabrik yang dominant jumlahnya dalam departemen produksi
  • harus diperhatikan sifat-sifat biaya overhead pabrik yang dominant tersebut dan eratnya hubungan sifat-sifat tersebut dengan dasar pembebanan yang akan dipakai

 

  1. 2.                  memilih dasar pembebanan biaya overhead pabrik kepada produk.

Setelah taksiran biaya overhead pabrik dan kapasitas produksi di tentukan,tarif biaya overhead pabrik dapat dihitung. Agar pembebanan biaya overhead pabrik terhadap produk dihitung secara adil, harus diperhatikan relevansi (hubungan erat) antara biaya overhead pabrik dan aktivitas produksi. Aktivitas yang mempunyai hubungan erat dengan biaya overhead pabrik, selanjutnya dijadikan dasar pembebanan biaya overhead pabrik kepada produk. Misalnya, sebagian besar dari biaya overhead pabrik terdiri atas biaya-biaya yang berhubungan dengan biaya bahan baku, seperti biaya asuransi, biaya pemasaran, biaya angkutan, dan biaya penerimaan (dalam hal biaya-biaya tersebut diperlakukan sebagai BOP), maka akan adil jika pembebanan biaya overhead pabrik kepada produk didasarkan kepada pemakaian biaya bahan baku.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s